Jumat, 07 Februari 2014

I Love Bogor

Hello, balik lagi sama gue yang baru bangun dari mati suri #eh, dari ekspedisi mempelajari hidup yang sampe sekarang gue aja masih belom mengerti kenapa untuk orang melankolis, suasana hati begitu mempengaruhi hidup #eh. kali ini gue bakal berbagi suatu cerita, cerita tentang seseorang yang gue perhatiin dan buat orang yang gue perhatiin, jangan marah ya gue sensor kok  . gue remake cerita lo dengan tokohnya adalah gue sendiri  .

Hari pertama. Gue lulus SMA dengan nilai memuaskan, ikut seleksi masuk dengan nilai rapot, ternyata jurusan yang gue pilih di I** udah dipilih sama temen gue, dan dia nilai rapotnya lebih gede daripada gue  . alhasil gue pun terdepak dari dunia persilatan #eh, dunia persaingan masuk PTN dan ikut seleksi masuk PTN melalui tes (SNMPTN). pas ikut SNMPTN entah kenapa semua pilihan gue pun ga ada yang lolos, dari 4 pilihan, semua gagal. mungkin gue yang terlalu ngarep buat masuk PTN besar dan jurusan TOP tapi gue nya sendiri belajar aja ogah-ogahan . dari kegagalan tersebut gue belajar 1 hal

Pelajaran 1:
Impian berbanding lurus dengan usaha, Hukum xpand. R=W/t^2

R = Impian
W = Usaha
t = waktu (dalam tahun)




Bermimpi boleh, asalkan kita harus sungguh-sungguh buat mencapainya #tsaaaaahhhh . akhirnya gue asal-asalan pilih PTN, akhirnya gue pilih lagi si I**, tapi bukan I** bapaknya, tapi "I** anaknya" :hammer:

Hari kedua :

Sehabis daftar ke "I** anaknya", gue dihadapkan pada beberapa pilihan, gue agak berminat sih pada teknik komputer, peternakan sama kimia. tapi entah kenapa ketika daftar gue pilih ilmu komputer, analisis kimia sama peternakan, dan itu urutannya ga sesuai sama minat gue. DHUAR pas hari test tertulis buat masuk "I** anaknya" gue bener-bener ga confident, ga semangat, males buat ngerjain soal testnya. tapi entah kenapa gue malah keterima di jurusan Analisis Kimia angkatan 48.
Perasaan gue pas keterima jadi mahasiswa "I** anaknya" itu campur aduk, antara seneng, heran, dan sedih. Seneng karena gue udah resmi jadi mahasiswa, heran karena gue masih takjub kalo gue tetep keterima padahal ngerjain soal test dengan asal tapi keterima (dari 14 soal matematika, gue cuma ngerjain 2 soal) dan sedih karena kehidupan gue ga jauh-jauh dari bogor, (mamak anak mu ini belom pernah keluar jawa dan naik pesawat)  . yasudahlah, karena gue orangnya terima nasib, jadi gue pasrah aja. Hari pertama gue masuk, kuliah bener-bener nggak mengasyikan, gimana nggak asyik, gue belom kenal 1 orang pun disana karena kebanyakan di angkatan gue itu anak bekasi, sama perantauan, kalo gue ? perantauan antar kecamatan paling . selama setengah semester, kehidupan perkuliahan gue bener-bener surem, kalo kata buku tatang sutarma mah kayak kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) dan gue nggak punya banyak teman. teman-teman gue pas semester pertama ya paling seputer cowok-cowok (bukan berarti gue maho ya ), gue jantan kok, kalo mau liat sini *bukaseleting* *digaplok* .

Hari ketiga

Hari ketiga itu hari dimana kehidupan asem garem perkuliahan gue dimulai, disini baru gue tetapin kalo gue pengen mempelajari kehidupan sosialita di kampus. ternyata banyak bgt dinamika yang terjadi, dimulai dari dinamika pergeng-an, dinamika memperoleh kekuasaan, dinamika persekutuan dan dinamika percintaan #tsaaahhh . di "Hari ketiga, gue baru memberanikan diri untuk berinteraksi dengan para "wadon" di kelas gue sendiri pas pelajaran bahasa inggris, dimana kebanyakan orang-orang disitu senasib sama gue masuk ke "I** anaknya" melalui test tertulis a.k.a anak "reguler" dan ada beberapa anak yang lebih dulu masuk a.k.a anak "matrikulasi". hari demi hari berlalu, gue semakin asik sama anak "wadon" reguler, kalo mau liat nih penampakannya 
mereka baik-baik dalam hal laporan, kuis, juga data yaa pokoknya sip lah. entah kenapa smester 1 itu semester paling berkesan bagi gue *bingung* yang jelas gue ga tau knp haha, mungkin yang gue rasa mereka itu lebih mengerti gue, dan juga ...  (isi sendiri) hahahaha.

Hari keempat
Hari dimana terjadi hal yang gue ga inginkan, dimana gue beranjak naik kelas ke semester 2, lalu smester 3, 4 dan 5 (diskip aja kali yah buat smester 2,3,4 *kejersetoran* *dijorokinpembaca*). semester 5 itu kelas yang ga kalah seru sama smester 1, karena ada beberapa orang yang menurut gue asyik dan disini paling banyak terjadi dinamika percintaan yang absurd  . pertama gue kenalin temen gue yang paling kece pertama

Si Kece 1:
Nama dia Ichviga, turunan jerman-jepang panggilannya "ayam" entah kenapa orang orang manggil ayam, tapi kalo lo mencoba buat ngagetin dia, dia pasti bakal latah dan bilang "ayam-ayam-ayam", yah ini orang emang kece. Selain kece, Ayam itu orangnya unik, pinter dan ga bisa ketebak. gaya nulisnya itu yang gue demen. Ayam ini temen kelompok gue pas presentasi dan juga temen gue ngedengerin lagu . si ayam ini kalo dengerin lagu pasti yang kebarat-baratan, padahal muka dangdutgue kadang ga ngerti sama lagu yang distel sama doi *dijorokinayam*. ayam ini orangnya pinter, katanya sih ga pernah marah, kalo marah kayaknya gunung salak bakalan ikutan erupsi kaya sinabung  . udah ah ngomongin kejelekan ayam, skrg kebaikannya. ayam itu orangnya baik, dia itu pekerja keras bermental pekerja romusha *ngakak*. bayangin aja, makalah 1 kelompok dia yang beresin semua, kan gila. kayaknya dia semacam makhluk nocturnal deh *ehdiguyurfenolamaayam*. We will miss person like you yam, i think we never found someone like you *adele-someonelikeayam* . Ayam ini orangnya ga tahan sama makanan pedes, kyknya dikasih cabe setengah potong aja udah kepedesan, trus katanya juga si ayam ini kalo makan coklat langsung sakit 1 hari 1 malam, kyknya ulangtahun dia bakal pas deh klo dikasih coklat rasa cabe jawa . cerita pas ulang tahun ayam, dia bener-bener dianiaya (sungguh tidak berprikeayaman), balik ngampus, gue, faisal, odon, irfan, gilbert dengan semangat 45 langsung pergi ke warung untuk membuat racikan bumbu sop, eh larutan buat banjur ayam, larutan nya terdiri dari :
Komposisi larutan:
Jadi ceritanya si ayam ini waktu hari kamis dia ulang tahun, di kelas dia dikasih surprise gitu deh pas pelajaran kimia farmasi, dikasih kue, oiya dia itu ulangtahunnya bareng temen gue si dewi jadi 1 kue berdua gitu. *asaljangansuamiyangdibagi2* #eh. pas pelajaran abis tuh, si ayam gue tipu, dia sms gue "lo dimana, kapan ngerjain anpang?" gue bales "gue lagi dirumah, tar gue sms lagi" padahal gue ada di lapangan lodaya, dengan tali udah siap buat menculik si ayam  dan faisal, odon, irfan udah dengan jamu buyung upiknya siap buat memandikan ayam. akhirnya dia berhasil dibawa ke lapangan lodaya dan DHUAR, si ayam ga tau polos apa  mau aja ikut ke lapangan lodaya, padahal udah jelas mau dijebak  . akhirnya dia terjebak dan dianiaya disana, enaknya menganiaya orang #eh.

dedengkot kedua yang bikin smester 5 seru adalah si cetar membahana

Si Kece 2:



namanya elza safitri, bukan cinta fitri, dia itu anak yang super duper galau , eh kagak deh orangnya asik, sangat menggebu-gebu #eh, gampang ditebak #eh, rajin. awalnya gue liat eca itu dari covernya kayak cewe-cewe gahoel jakarta, anak salon, sophisticated dan manja. tapi penilaian gue itu salah besar.
Pelajaran 2:

dont judge a book by its cover

Si Elza ini temen ngerjain tugas gue di hari kamis, tugas kimfar dan KBA. biasanya gue suka minta bagian pendahuluan laporan KBA ke dia. dulu sewaktu kenal sama dia, gue sih jaim-jaim aja eh nggak gue emang pendiam, cool . butuh waktu setengah semester bagi gue buat akrab sama dia *kalogasalah*. tiap hari kamis, gue-dora-eca biasanya sampe malem kongkow buat ngerjain laporan kimfar. seiring berjalanya waktu, kita akhirnya semakin akrab dan saling share (share wifi)  .
si elza ini orangnya gampang banget ditebak #eh, dan gue ada 1 cerita yang lumayan kocak karena hasil jailan gue terhadap cowoknya si faisal hahaha .
H-48 jam sebelum UAS dewa UNOP terjadi, gue yang lagi  dikejutkan dengan sms dari si kece ini buat ikut belajar bareng sama dewa UNOP a.k.a Faisal di jalan selang kepercayaan 95% bareng ayam, danar, ijul. karena dihadiri para dewa UNOP, ya udah gue berkenan deh ikut belajar bareng yang akan dilaksanakan malam jumat kliwon (malam sunah wey hahaha). akhirnya gue jadi ga konsen maen dota, dan gue hari itu kalah 3 kali berturut-turut, sedih sekali perasaan gue ketika gue kalah maen dota, soalnya kalah dibacotin kakak haha. akhirnya dengan berat hati, badan dan dosa gue ke jalan selang. sesampainya disana gue dikerjain sama bocah-bocah ahli surga . gue akhirnya teraniaya secara brutal oleh mereka, bayangin aja. gue yang udah trobos hujan, malah dianggurin didepan kosan si elza dan akhirnya gue telepon salah satu dedengkot yang ngajakin belajar bareng yaitu si "elza"

P = Gue
E = Elza
F = Faisal
A = Ayam
D = Danar
I = Ijul


P = "ca lo dimana ? gue depan kosan lo"
E = "iya ndu bentar" tiba-tiba suara si elza berubah menjadi bass, ibaratnya si eca tiba-tiba keselek jengkol
F = "maaf, ini siapa ya ? Anda ingin bertemu siapa ? " sambil terdengar suara ngakak yang sayup-sayup
P = *hening*

akhirnya si ayam ga tega ngeliat gue yang nungguin diluar dengan jas ujan yang basah, udah kyk gelandangan ga punya rumah , akhirnya si ayam dan danar sang malaikat gue di hari itu manggil gue

A & D = "Oi du lo ngapain masuk ke dalem, sini lo belajar di luar" oh god kalian sungguh malaikat tanpa sayap gue di hari itu. akhirnya gue dateng ke tempat mereka sambil ngibasin poni indah gue .
1 jam sehabis kedatangan gue, acara belajar akhirnya dilakukan *capedes*, asli si eca ga nyediain minum sama besek wey, dia kejam cuma ngasih kopi buat faisal doang hahahaha akhirnya gue sama danar mengeluarkan kode.

P = "uhuk seret" "uhuk air es" "uhuk padang pasir"
D = "uhuk wafer tanggo" (ini mah bukan kode lagi, jangan ditiru ya bos)
E & I = "kode bgt, yaudah gue ambilin dulu dah"
P & D = "ih ngga kok ca, jul, cuman bercanda, abis kalian serius bgt belajarnya" dalem hati (bawain yang banyak ca, sekalian es jeruk 1, tamu adalah RAJA)

akhirnya mereka berdua masuk kedalem buat ngambil sesajen buat kita, kita menunggu dan berharap nggak di PHP, aku mah apa atuh, cuma bisa di PHP in. akhirnya mereka ngambil 1 teko air putih, bagi gue yang tadinya teraniaya, gue ngerasa curiga dengan air itu, tapi karena gue haus yaudah gue samber aja tuh aer, daripada gue minum aer ujan, gue harus nunggu 1 jam dlu biar mulut gue penuh sama aer kan keburu dehidrasi gue *lebay* . selain bawa aer, ada wafer tanggo juga (oh god thanks bgt buat tanggonya ) akhirnya, semangat gue nambah buat belajar, soalnya cacing-cacing di perut gue udah lagi pada ngemil tanggo jadi aja ga ngeganggu gue pas lagi belajar . sumpah karena pada saking seriusnya belajar, akhirnya ide bulus gue muncul buat ngerjain 1 orang lagi, yaitu si faisal a.k.a cowok si eca . disebelah gue kan ada cangkir kopi + kopinya si faisal, yaudah deh pas yang lain lagi pada asyik ngerangkum + ngerjain soal UNOP, gue ambil aer putih dari gelas gue, dan gue tuangin deh ke gelas kopinya si faisal. ternyata oh ternyata, kejailan gue diketahui oleh si danar, dan dia hanya bisa nahan ketawa, mukanya kyk orang lagi nahan ngompol  ngeliat kelakuan gue sama pas ngeliat si faisal minum tuh kopi. akhirnya gue kode-kodean sama si danar buat ngobrolin kepolosan si faisal yang terus meminum tuh kopi encer. si ayam yang orangnya kepoan akhirnya penasaran, dan terus mendesak gue buat ngasih tau, akhirnya gue kasih tau juga pas memfotokopi catatan ijul. akhirnya dendam nyipelet gue terbalaskan hahahaha *ketawajahat*, dan ketika gue balik ke kosan eca buat ngasih fotokopian, gue dengan tampang tidak berdosa mengakui kejailan gue dan sungkem terhadap dewa unop a.k.a faisal yang baru menyadari kalo kopi-nya tak kunjung habis.

F = "pantesan kopi gue ga abis-abis"
P = "maafin gue dewaa 

Akhirnya gue sama danar balik ke habitat masing-masing dan si ayam dianterin faisal buat balik ke kadangnya *ditoyorinayam* , mungkin cuma segitu yang gue inget tentang unforgotable moment in smester 5, hope you enjoy my mess article :D .

Senin, 02 Juli 2012

Menghitung Regresi Linier Menggunakan Kalkulator Casio Fx-350 ES

Nilai A, B, dan R pada Regresi Linier dapat dihitung menggunakan Kalkulator Casio Fx-350 ES

Aplikasi dari Regresi Linier sangat berguna lho, terutama dalam bidang kimia. Contohnya buat perhitungan konsentrasi dari suatu sampel, ataupun untuk menghitung kapasitas adsorpsi.

Cara-Caranya adalah sebagai Berikut

  1. Tekan tombol 'Mode Setup', Pilih Stat
  2. Pilih opsi 'A+BX' (Nomor 2 di kalkulator)
  3. Masukan Data. X untuk Konsentrasi, dan Y untuk Absorban.
Untuk Mencari Nilai A
  1. Jika sudah, tekan tanda panah ke bawah hingga baris yang kosong, dan tekan 'shift lalu angka 1', pilih reg (Nomor 7 di kalkulator)
  2. Kemudian Pilih A (nomor 1 di kalkulator)
  3. Kemudian Tekan '='
  4. Data nilai A telah tersajikan. jangan lupa dicatet ya :)
Untuk Mencari Nilai B
  1. Tekan tanda Panah ke bawah, Hapus data nilai A
  2. Pada baris yang kosong tekan 'shift lalu angka 1'.
  3. Pilih reg  (Nomor 7 di kalkulator).
  4. Kemudian pilih B (Nomor 2 dikalkulator).
Untuk Mencari Nilai R
  1. Tekan tanda Panah ke bawah, hingga Di bawah data Nilai B untuk menuju baris yang kosong.
  2. Pada baris yang kosong tekan 'shift lalu angka 1'.
  3. Pilih reg  (Nomor 7 di kalkulator).
  4. Kemudian pilih R (Nomor 3 dikalkulator).
Nah, Bagaimana caranya untuk mencari nilai x (konsentrasi) ?
caranya adalah tinggal memasukkan nilai a, b, dan y pada persamaan y=a+bx. Mudah kan ??

Kamis, 21 Juni 2012

Cara gila Meremove/menginstall Aplikasi BB.

Cara gila Meremove Aplikasi BB.
Hello comeback with me xpand, kemaren gua dah buat postingan tentang cara mengatasi error JVM 517
Sekarang gua posting lagi bagaimana cara gila buat meremove/install Aplikasi BB, lewat komputer (bagi yang ga ada pulsa macem gua hahaaha)
file mentahan BB berupa .JAD, .AXL, .COD
Ok langkah pertama yaitu
 kita download BBSAK disini, next install, and next (ga enak bgt next next mulu hahaha) Open File BBSAK tadi. Kalo minta password ok in aja ga usah sok ide pake isi isi lupa password mampus lu haha.


















Hubungkan BB ke Komputer pake USB sampai nada TRINGG… terdengar. (inget di postingan sebelumnya, sblum menghubungkan BB dengan Komputer di wajibkan untuk mematikan BB first, baru colokin ke komputer)
Kemudian lo connect in BBSAK liat gambar



















Kalo dah di connectin tar muncul pin BB lu contoh kaya yang gini nih





Ok itu tandanya BBSAK dan BB dah connect. pertama tama kita mau remove apa install dulu ya. hmm remove dulu aja deh. gini nih cara remove aplikasi lewat BBSAK.
pertama lo piilh Read System liat picture ini !














Ok sekarang abis ini apa teh bingung hahaha bohong bos . slowww. abis ini kita harus pinter, cekatan, sama harus punya mata elang. disini gua mau hapus roller coaster rush99 (game basi jelek :ngakak) . cari sistem yang nama nya ada hubungan sama roller coaster rush99. nih liat pic














nah tuh gerangan dah gua tandain, ok sekarang langkah selanjutnya yang ditandain tadi tinggal kita remove. inget remove nya 1 1 jangan asal banyak ya (itu tanda nya ente maruk :ngakak). kalo dah di remove, tungguin bentar ya sekitar 5 menit an lah menurut gua (padahal sbnernya ga ngefek) biar si BB nya mikir dulu bentaran.

sekarang gimana cara installnya ??? install aplikasi BB dari komputer ???
pertama tama lu download dulu cod nya. cari di google banyak kok..
contoh disini gue bakal install aplikasi facebook buat BB curve 8320
udah gitu buka bbsak lagi..
terus pencet install COD, inget inget dimana lu nyimpen COD nya.
udah gitu kalo misalnya file cod nya ada banyak, lu CTRL+A, dah gitu ok.
tunggu bentar sampai installation COD di BB complete, restart BB, and then, application is fully installed to your BB

Sabtu, 27 Agustus 2011

Jenis Jenis Tanah


            Jenis tanah penting di Indonesia ada 11 macam, yaitu, organosol, alluvial, regosol, redzina, andosol, tanah mediteran, latosol, podsolik merah kuning, podsolik coklat kelabu, padsol dan grumosol.
            Tapi dari kesebelas jenis ini, hanya 4 yang dapat dikatakan sebagai tanah yang subur. Tanah tersebut antara lain :
  1.   Latosol
  2.  Alluvial
  3. Andosol
  4.  Mediteran merah kuning

Tanah Alluvial
Sifat tanah alluvial adalah memiliki derajat keasaman (pH) yang rendah, kejenuhan basa rendah, struktur tanah jelek, dan C/N rasio yang bervariasi. Apa itu C/N rasio ? C/N rasio adalah sebuah parameter yang menunjukkan kualitas unsure hara yang terdapat di dalam tanah. Ok kembali ke topic, tanah tanah alluvial biasanya digunakan sebagai lahan padi sawah, palawija, nanas, dan tanaman tanaman lainnya. Untuk mengurangi pH yang rendah, tanah-tanah alluvial harus digenangi air, namun apabila digunakan sebagai lahan kering, maka jenis tanah ini akan mempunyai pH yang sangat rendah. Meskipun demikian, tanah ini mempunyai kandungan hara yang tinggi.
Tanah Andosol
Tanah andosol merupakan tanah yang kesuburan kimiawi nya rendah, namun memiliki kemampuan menahan air yang baik. Tanah ini cocok bila ditanam padi sawah. Selain padi tanah ini cocok untuk penanaman sayur sayuran, buah, bunga, teh, kopi, dll.
Tanah Latosol
Tanah latosol merupakan tanah dengan status nutrisi yang rendah, selain itu, kandungan bahan organik pada tanah ini juga sedikit. Dapat disebut tanah ini mirip dengan Andosol. Tanah ini digunakan untuk penanaman kelapa sawit, coklat, kopi, teh dan karet.
Tanah Litosol
Tanah Litosol merupakan tanah yang memiliki solum tanah yang dangkal dan sangat [eka terhadap erosi, sehingga tanaman yang cocok ditanam pada tanah-tanah jenis ini adalah tanaman keras, rumput dan palawija. Tanah litosol biasanya sering ditemukan di wilayah perbukitan dan pegunungan
Tanah Regosol
Tanah regosol merupakan tanah dengan kandungan bahan organic yang rendah, selain itu tanah ini juga peka terhadap erosi. Tanah tanah regosol cocok dipakai sebagai lahan untuk tanaman tembakau, tebu, palawija dan sayur sayuran. Untuk mengatasi permasalaahan rendahnya bahan organic dan ancaman erosi, buatlah sengkedan.
Tanah Grumosol
Kandungan liat yang tinggi serta defisiensi akan unsure hara makro dan mikro merupakan cirri dari tanah ini. Untuk mengatasi kekurangan unsure tersebut perlu dilakukan pemupukan. Tanah ini cocok sekali untuk pertumbuhan padi, jagung, kedelai, tebu, kapas, tembakau dan tanaman tanaman berumur pendek lainnya.
Tanah Podsolik Merah Kuning
Ciri khas dari tanah ini adalah warnanya. Factor pembatas pada tanah podsolik merah kuning adalah adanya lapisan pada yang dangkal, konkresi zat besi, defisiensi unsure hara mikro serta pH tanah yang rendah (tanah masam). Jenis tanaman yang baik diusahakan pada tanah podsolik merah kuning adalah tanaman ubi rambat, tembakau, buah buahan dan karet.
Tanaman Mediteran Merah Kuning
Tanah ini memiliki factor pembatas yang sama dengan tanah podsolik merah kuning, sehingga untuk mengatasi factor factor tersebut dan untuk meningkatkan kesuburan tanahnya, perlu diberikan kapur/dolomite. Tanah jenis ini biasanya digunakan sebagai lahan tanaman karet dan tanaman kering lainnya.

Sumber : 
Sumber : Warsino, Dahana Kres.2010. Peluang Usaha & Budidaya CABAI. Jakarta:PT Gramedia





Singkirkan Prasangka


          Ketika Kalian memandang suatu persoalan maka tinggalkan prasangka-prasangka yang ada di dalam hati dan pikiran. Prasangkan itu bagaikan sepatu yang nyaman dipakai namun tidak dapat digunakan untuk berjalan. Ia memberikan jawaban sebelum kalian mengetahui pertanyaannya. Maka seburuk buruk jawaban adalah bila kalian tak paham akan masalahnya. Biarkan fakta yang Nampak dihadapan kalian diterima apa adanya. Jangan biarkan prasangka menyeret kalian ke persimpangan lain.
          Mungkin kalian merasa aman dengan prasangka kalian sendiri, namun sebenarnya ia berbahaya untuk jangka waktu yang panjang. Bila kalian semua telah mampu melepaskan prasangka-prasangka yang ada, akan menemukan pandangan yang lebih jernih, keberanian untuk mengatasi masalah dan jalan yang lebih berat.
          Bila kalian mengenakan kacamata maka yang kalian lihat adalah mata kalian sendiri tetapi yang terjadi adalah apa yang berada di balik kacamata. Demikian pula dengan diri kalian yang lihat itu sebenarnya adalah hati kalian. Prasangka dalah debu-debu pikiran yang mengaburkan pandangan hati sehingga kalian tidak mampu melihat dengan baik. Usaplah prasangka sebagaimana kalian menyingkirkan debu dari kacamata, tumbuhkanlah keinginan kalian untuk melihat lebih jelas dan lebih jernih lagi dengan menyingkirkan prasangka.


Sumber : Booklet Sapa Sahabat 2011

Cabai


Kecil Kecil Cabe Rawit, yap begitulah istilah bagi sesuatu yang kecil tapi memiliki kandungan/manfaat yang sangat besar, dengan ukurannya yang kecil cabai memiliki banyak kandungan gizi yang setara dengan sayur sayuran lainnya. Tanaman Cabai bukan tanaman asli Indonesia, tapi berasal dari Benua America, tepatnya Amerika Tengah dan Selatan, serta Meksiko. Bagaimana sih Cabai bisa mendunia seperti Udin sedunia ? Sejarahnya pada abad ke-15 sewaktu Colombus menemukan Benua Amerika, Colombus membawa oleh oleh yaitu Cabai dan rempah rempah lainnya ke Eropa. Cabai tersebut pastinya di kembangbiakan dan dijadikan barang dagang oleh pedagang Portugis. Dalam waktu singkat mendunia lah Cabai.



            Penasaran kan Gizi apa saja yang terkandung di dalam segenggam Cabai (100Gr). Ok check this Out.

Kandungan Nutrisi Cabai Capsicum annum Per 100 gr
No
Komposisi Nutrisi
Jumlah
I
Energi
318 Kkal
II
Nutrisi Utama
1.       Air
2.       Protein
3.       Lipid
4.       Abu
5.       Karbohidrat
Jumlah

  8,05 Mg
12,01 Mg
17,27 Mg
  6,04 Mg
56,63 Mg
100    Mg
III
Nutrisi Mikro
Serat
Gula
Kalsium (Ca)
Besi (Fe)
Magnesium (Mg)
Fosfor (P)
Kalium (K)
Natrium (Na)
Zink (Zn)
Tembaga (Cu)
Mangan (Mn)
Selenium (Se)
Vitamin C
Tiamin
Riboflavin
Niasin
Vitamin B6
Folat
Choline
Vitamin A
Vitamin E
Vitamin K
Asam lemak
Fitoserol
Beta Karoten
Beta Cryptoxanthin
Lutein + Zeroxanthin

     27,20 Mg
     10,34 Mg
   148,00 Mg
       7,80 Mg
   152,00 Mg
   293,00 Mg
2.014,00 Mg
     30,00 Mg
       2,48 Mg
       0,37 Mg
       2,00 Mg
       8,80 Mg
     76,40 Mg
       0,33 Mg
       0,92 Mg
       8,70 Mg
       2,45 Mg
   106,00 Mcg
     51,50 Mg
     41,61 Mcg
     29,83 Mg
     80,30 Mcg
       3,26 G
     83,00 Mg
21.840,00 Mcg
  6.252,00 Mcg
12.157,00 Mcg
Sumber  http://www.tititudorance.com

Selain Bergizi, Cabai juga memiliki manfaat lho, manfaat Cabai adalah :

  1. 1.      Menghangatkan badan
  2. 2.      Memenuhi kebutuhan protein
  3. 3.      Menghasilkan energi
  4. 4.      Antioksidan
  5. 5.      Menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung
  6. 6.      Mengatur proses fisiologis tubuh
  7. 7.      Mencegah oseteoporosis
  8. 8.      Mempunyai prospek cerah usaha tani


Sumber : Warsino, Dahana Kres.2010. Peluang Usaha & Budidaya CABAI. Jakarta:PT Gramedia






Jumat, 26 Agustus 2011

Vitamin B

vitamin vitamin B kompleks adalah vitamin vitamin yang larut dalam air dan mempunyai fungsi yang penting dalam tubuh manusia. vitamin vitamin B kompleks terdiri dari berbagai macam vitamin yaitu

  1. Tiamin (B1)
  2. Riboflavin (B2/G)
  3. Piridoksin(B6)
  4. Asam Pantotenat
  5. Niasin
  6. Biotin
  7. Cholin
Vitamin B1 atau Tiamin adalah bagian yang aktif dari koenzim, yang amat diperlukan dalam proses oksidasi karbohidrat. dengan adanya tiamin ini, proses pemindahan oksigen ke dalam jaringan dapat dilaksanakan sehingga sel sel memperoleh tenaganya untuk menjalankan fungsinya. khususnya, susunan syaraf ssangat bergantung pada proses oksidasi karbohidrat untuk menghasilkan tenaganya. dengan demikian bila tubuh kekurangan Tiamin, yang penting dalam proses oksidasi karbohidrat tersebut maka jaringan saraflah yang pertama menunjukan gangguan fungsi yaitu penurunan kegiatan syaraf, kurang semangat, mudah tersinggung, kekurangan kesanggupan untuk berkonsentrasi.
kekurangan Tiamin menyebabkan penyakit beri-beri yang menyebabkan rasa nyeri pada otot di seluruh tubuh, urat syaraf yang mudah terganggu dan pencernaan yang terganggu. dalam bentuk yang dikenal sebagai beri-beri basah, terdapat komplikasi busung air.

Riboflavin atau vitamin B2 berguna dalam memperbaiki kesehatan pada segala umur oleh sebab vitamin ini berupa bagian yang aktif dari berbagai enzim dan koenzim yang esensial bagi proses proses oksidasi di berbagai jaringan tubuh, khususnya mutlak bagi jaringan jaringan yang berasal dari lapisan ektoderm seperti kulit, mata dan urat urat syaraf.
kekurangan Riboflavin menyebabkan timbulnya daerah daerah kemerah merahan dan terkupas pada bibir dengan retak pada sudut sudut mulut. kemudian, pada bola mata terdapat peradangan konjungtiva atau kornea yang ringan dan semacam buta senja, boleh dikatakan sama seperti seorang yang kekurangan vitamin A.

Niasin (Asam Nikotinat), vitamin ini penting untuk kulit, saluran pencernaan dan susunan urat syaraf pusat. kekurangan niasin dapat menyebabkan suatu penyakit yang disebut pellagra. tidak heran, niasin biasa disebut sebagai faktor pencegah pellagra. penyakit ini membuat erupsi kemerah merah pada kulit, terutama pada muka ujung tangan dan kaki bila kena cahaya, kemudian membuat kulit menjadi kehitam hitaman dan kasar, sakit mulut dan lidah, peradangan pada selaput selaput di dalam saluran pencernaan. pada tingkat yang lebih lanjut akan menyebabkan diare berdarah, gangguan gangguan syaraf dan otak yang berupa depresi atau dementia.

Piridoksin (vitamin B6) mempunyai peranan penting dalam metabolisme asam asam amino, dan oleh sebab itu essensial bagi metabolisme protein yang normal. kekurangan vitamin B6 menyebabkan kerusakan kerusakan pada kulit, (seborrheic dermatitis) dan lidah serta pertumbuhan yang terhambat pada bayi. bayi menunjukan gejala kejang kejang bila kekurangan vitamin ini, sedangkan pada orang dewasa dapat menunjukan kelainan sensoris syaraf perifeer yang diikuti dengan kerusakan motorisnya. kekurangan vitamin b6 juga menyebabkan ke abnormalan metabolisme protein, yaitu hilangnya kesanggupan untuk merombak asam asam amino menjadi niasin.

Asam Folin adalah salah satu faktor yang memajukan pertumbuhan bagi mikro organisme-mikro organisme tertentu. vitamin ini penting dalam sintesis asam asam nukleik essensial, yang amat diperlukan pada pembagian pembagian sel yang normal. ditinjau dari segi klinis, aktivitas asam folin yang paling penting adalah peranannya dalam pembekuan darah.
akibat kekurangan folasin pematangan sel sel darah merah tidak terjadi sehingga mengakibatkan anemia makrositer. peradangan lidah, luka luka gastrointestinal, diare dan malabsoprsi usus dapat mengikuti anemia makrositer.

Vitamin B12 adalah faktor yang mutlak diperlukan dalam pembentukan eritrosit (sel sel darah merah). kekurangan zat ini menyebabkan penyakit pernicious anemia, yang diikuti dengan degenerasi syaraf yang progresif.
untuk bertahun tahun lamanya para ilmuwan dalam bidang gizi meyakini bahwa vitamin B12 tidak terdapat pada sumber tumbuh-tumbuhan. hingga tahun 1974, dewan riset nasional Amerika dalam makanan dan gizi mengatakan bahwa viamin B12 adalah komponen penting yang tidak berasal dari tumbuh tumbuhan, melainkan hanya berasal dari hewan, misalnya : susu, telur, khususnya organ dalam, yaitu  hati dsb. kekurangan tersebut memberikan indikasi bahwa adalah tidak mungkin untuk hidup dengan vegetarian murni.
tetapi kita harus bersyukur dengan riset yang terus berkembang, hingga kita sebagai bangsa Indonesia, dapat melihat kekayaan bangsa indonesia, sebab mempunyai makanan yang mempunyai sumber vitamin B12 yang telah menjadi milik kita sendiri untuk lebih dari 1000 tahun, yaitu tempe !

Sumber : Liwijaya-Kuntaraf, Kathleen H, dkk. 1993. Makanan Sehat. Bandung: Indonesia Publishing house

Kamis, 25 Agustus 2011

Cinderella

once, cinderella and her father, the Baron, had lived alone, after the death of her mother when she was a baby. she loved him dearly.
how she sighed, remembering those happy days before her father married a widow with two daughters of her own.
the widow's daughter were so ugly and cruel, they quickly became known as the ugly sisters. soon, the Baron's daughter was made to do all the housework.
she was dressed in rags, and because she spent so much time in the kitchen among the cinders, they called her "cinderella".
then, one morning cinderella heard a loud knock at the door. it was a message from the royal palace, sent to all the houses in kingdom.
"invitations to a Grand ball in honour of the prince Charming squealed the ugly sisters.
cinderella's heart began to beat.
she ran up the cellar steps, almost bumping into the baron!
"father!" she panted, "the invitations that have come for the Grand Ball! i can go, can't i?"
but before the Baron could answer, Cinderella step-mother shouted out : "you? go to the ball dressed in your rags? talk sense, Cinderella! you're only fit to stay at home!"
Cinderella knew the Baron was too afraid of his wife to say anything. the ugly sisters were delighted, glad of an excuse to make Cinderella work harder than ever.
"alter my dress!" "brsuh my hair!" "shine my shoes!" "iron my gloves!" they meant to look their very best for the handsome Prince Charming
By the evening of the Ball, Cinderella was so unhappy she could hardly bear it. Alone in the house she sat by the fire, her tears falling into the cold, black cinders.
then, a dazzling glow of light seemed to fill the kitchen, making it bright and warm.
"do not cry, CInderella", came a soft voice. "i am here to help you".
"h-help me ?" Cinderella stammered. "but how? who.. who are you?"
"your fairy Godmother," came the reply. " and with my magic wand, i shall see that you go to the Ball!"
Before Cinderella could answer, her fairy Godmother gave a tap with her wand-and, in an instant, her rags became the most beautiful ball gown she could ever have imagined!
"shall i need a pumpkin ..." said the fairy Godmother.
"there's one in the kitchen garden..." said Cinderella.
The Fairy Godmother turned a fat pumpkin into a crystal coach! four mice became white ponies, and two rats were changed into footmen!
"thank you, fairy Godmother!" cried Cinderella.
"just remember my magic can only last until midnight!" her Godmother smiled.
Well, that what a stir when CInderella arrived at the palace! everyone wanted to know who the beautiful young girl was including Prince Charming, who at once came up to her.
they danced the whole evening, falling in love with each hour that slipped by. the ugly sisters had no idea that the beautiful girl was Cinderella!
on the first stroke of midnight, Cinderella remembered what her Fairy Godmother had said.
"i .. i have to go!" she cried, and turned to run down the stairs.
Prince charming was surprised and knew he had to see the beautiful girl again. the only she left was a tiny glass slipper..
there was a great excitement next day. a royal procession came around all the streets, with a page carrying the glass slipper on a red cushion.
"whoever this slipper fits," said the royal Herald, "shall marry Prince Charming!"
"it will fit me !" squealed the first Ugly sister. "it will fit me!"
"no me!" screamed her sister.
But, the slipper was much too small for either of them.
"but this is the last house!" cried the Herald. "is there nobody else?"
"only my daughter," said the Baron quickly. " I'll call her"
And even before he put the slipper on Cinderella's tiny foot, the Prince knew she was the girl he loved.
soon, cinderella and the prince celebrated their marriage. and somewhere, Cinderella knew, her Fairy Godmother was there, smiling.

Minggu, 21 Agustus 2011

Alice In Wonderland

woi fotocopy aja bayar, lo copy paste di blog gw ga bayar kan. yang gw minta cuma nanti kalo lo copas cerita ini, jangan lupa kasih backlink ya haha xpan.

once upon a time, there was a pretty girl named Alice. Alice was tired of sitting on the bank and having nothing much to do. the sun made her feel sleepy, and she was just wondering about making a daisy chain when a white rabbit ran past saying "oh dear! i shall be too late!" and taking a watch from his coat pocket! alice had never seen a white rabbit with a waistcoat, or a pocket watch, so she followed him to see where he was going. and when the rabbit went down a rabbit hole down went alice after it.
suddenly, alice felt herself falling. she landed on a heap of dry leaves. "oh dear," she heard the white rabbit saying, "how late it is getting!" all at once, he vanished from sight-leaving alice in a long, low hall with locked doors all around. alice came across a little table on which there was a key. but, which door did it fit ? then she came across a tiny door behind a curtain. she turned the key in the lock, and the door opened. kneeling down, she could see a beautiful garden, with bright flower beds and water fountains. "now," thought alice, "how do i get out ?" on the table where the key had been, there was a bottle with "DRINK ME!" written on a label around the neck-the most delicious drink alice had ever tasted! and every drop, alice became smaller and smaller until she was just the right size to get through the little door and into the beautiful garden. if only she had not left the key on the table...
then she found a box with a cake inside, in currants were the words, "eat me" so, alice did, growing taller and taller until she was much too big to go through the door, even though she had the key! alice was so sad, she began to cry. before long, there was the patter of feet and in came the white rabbit. the sight of such a big, tall alice frightened him so much, he dropped the fan and gloves he was carrying. alice picked up the fan, quickly dropping it when she found herself shrinking again! her foot slipped, and splash! she was up to her chin in the pool of tears she had wept when she had been so big and tall. in the pool of tears was also a duck, a dodo and a mouse who told a story to get everyone dry! "mary ann!" called a voice. "fetch me my gloves this minute!" it was the rabbit. this time, alice followed him to a little house with " W. RABBIT" on the door. coming out the other side, she saw a huge mushroom, about as tall as she was now, on which a caterpillar sat, smoking a pipe! the caterpillar said that eating one side of the mushroom would make her taller, the other side smaller. so alice took a piece of each. a cheshire cat grinned at her from a tree. "please," said alice to the cat, "which way should i go ?" "that way," said the cat waving his right paw, "lives the Mad Hatter, and that way," waving his other paw, " lives the march hare" the march hare's house had a roof thatched with fur and chimneys shaped like long ears! he and the mad hatter sat outside at a table, resting their elbows on a very sleepy little dormouse.
"tell us a story!" ordered the march hare.
"well," said alice, taken by surprise, "i dont think..."
"dont think ?" he echoed. "then you shouldn't talk!"
that was enough to make alice march away from the table. quite by chance she saw one of the trees had a door set in it. when alice opened it, she was in the hall again. nibbling one piece of the caterpillar's mushroom, then the other, alice made herself the right size to get the key then go through the little door and out into the beautiful garden, at last ! here, two gardeners were painting white roses red!
"we planted a white rose by mistake!" explained one, "and if the queen finds out... oh no! here she comes now!"
the queen of hearts stopped when she saw alice. "what is your name, child ?" she asked
"my name," said alice, "is alice"
"can you play croquet?"
"oh yes!" cried alice.
alice had never played croquet using flamingoes to hit curled-up hedgehog! before long the game was a real mess, with the queen yelling "off with his head!" every other minute.
suddenly, the cry went up, "the trial is beginning!"
what trial?" asked alice but everyone was already running ahead, carrying her along with them into a big court room.
"the charge is" said the white rabbit, "that the knave of hearts stole some tarts!"
"call the first witness!" said the king. and to her great surprise, the white rabbit called, "alice!"
"what do you know of this?" asked the king
"nothing whatsoever," said alice.
"off with her head!" shouted the queen of hearts, red in the face.
"you?" went on alice. "you're only a pack of cards!"
at once, the cards rose up and came flying down on her! alice gave a little scream and found herself back on the bank. her adventures in wonderland had only been a wonderful dream!