Kamis, 03 Februari 2011

betelgeuse

betelgeuse

LONDON- Fenomena alam semesta akan terjadi ketika sebuah bintang yang paling terang, Betelgeuse, meledak dan menjadi supernova. Ledakan itu akan menyebabkan bumi memiliki 2 matahari
Usia betelgeuse, yang merupakan bagian dari konstelasi Orion dengan jarak 640 tahun dari bumi akan segera berakhir. Bintang raksasa merah itu diperkirakan bakal meledak pada tahun ini.

ketika ledakan tersebut terjadi, peristiwa itu disebut-sebut akan menjadi "pertunjukan cahaya". karena begitu terang cahayanya, bumi seolah olah memiliki dua matahari. Artinya, langit malam juga akan seperti siang hari.
Pengajar fisika senior di Universitas Southern Queensland Australia Brad Carter mengklaim, ledakan itu bisa saja terjadi sebelum 2011 berakhir. Namun, mungkin saja Betelgeuse baru akan meledak pada tahun-tahun mendatang.
"bintang tua ini sudah kehilangan amunisi yang memungkinkannya tetap  bersiar. ketika bahan bakar ini habis, bintang akan mati dengan sendirinya dan itu akan terjadi sangat cepat. Ini adalah peristiwa terakhir yang akan dialami bintang. Ketika bintang meledak, kita akan melihat cahaya yang sangat terang untuk beberapa pekan. Kemudian, dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan, cahaya itu mulai memudar dan akhirnya akan sulit dilihat, " papar Carter
Seperti yang dikutip Sindo, Menurut Carter, ledakan betelgeuse bisa membuat bumi selalu dalam kondisi siang hari dan itu bakal terjadi selama beberapa pekan.
Hal senada juga diungkapkan astronom Universitas Illinois Jim kaler, Betelgeuse kehilangan massa dan segera menjadi supernova " Namun, 'segera' dalam skala waktu astronomi artinya satu juta tahun dari sekarang," tutur Kaler
Menurut kaler, "supernova akan seperti bulan sabit cerah dan terlihat jelas pada siang hari dan akan muncul bayang-bayang. mungkin ini membuat orang-orang takut, tapi takkan seterang matahari,"
Ketika bintang menjadi supernova, ledakan sejumlah besar materi serta radiasinya menyebar di luar angkasa. Jika peristiwa semacam ini terjadi dalam 30 tahun cahaya dari bumi, secara signifikan ledakan ini akan merusak lapisan ozon bumi dan menyebabkan kepunahan massal.






0 comments:

Posting Komentar