Sabtu, 13 Agustus 2011

Lemas Karena Keracunan Gas Monoksida / Bebang


Lemas karena Keracunan Gas Monoksida

Halo coy bersama saya xpand di cara-gue-beda.blogspot.com. disini gw akan membeberkan informasi rahasia tentang kesehatan ups tapi bohong haha. pembaca pasti pernah ngalamin yang namanya Bingung punya temen abis keracunan gas mau diapain ? iya kan ketika kalian ngalamin kejadian tersebut, sebenarnya pertolongan pertama adalah sangat penting bagi keselamatan si korban. Ingin tahu bagaimana ? check this out bray
Pada dewasa ini keracunan karbon Monoksida (CO) merupakan suatu masalah yang serius di kota besar, dan hal ini disebabkan oleh asap mobil dan kendaraan kendaraan lain. Racun serupa itu mungkin juga timbul karena gas untuk masak yang tidak menyala dan juga dari pipa gas mobil yang bocor. Ciri ciri keracunan gas tersebut adalah sikorban mengeluh sakit kepala, perasaan lemah, pusing, mual dan pemandangan yang kurang terang (kabur). Jika keadaan ini tidak diobati dengan segera, si korban mungkin pingsan dan meninggal.
Perawatan :
·         Langkah pertama jika kita ingin menolong si korban, pertama tama Bawalah sikorban ke luar di tempat dimana udara segar dengan segera. Jagalah agar jalan napasnya tidak terhalang. Keluarkanlah kotoran dari mulut dan kerongkongan nya dan mulailah memberikan pernapasan buatan dari mulut ke mulut. Caranya tariklah napas panjang panjang, taruhlah bibir anda pada bibirnya dan hembuskanlah perlahan lahan kedalam mulutnya, dengan memegang lubang hidungnya sementara anda melakukannya. Hembuskanlah udara ke dalam paru parunya terus-menerus kira kira 10/12 kali setiap menit. Anda juga bisa menggunakan pipa lho dan ingat juga anak anak hanya memerlukan udara lebih sedikit daripada orang dewasa jadi kurangi lah hembusannya untuk dosis anak kecil.
·         Jika jantung si korban berhenti, tekanlah kuat-kuat kira kira 60 kali semenit di tengah tengah tulang dada. Gunakanlah pangkal tapak tangan dan tekanlah kuat kuat kearah tulang belakang, kemudian angkatlah tangan dari dada setiap tekanan. Ini dapat menolong jantung berdenyut kembali. Sementara seorang memanggil dokter.

Sumber : Petunjuk Modern pada Kesehatan, Clifford R. Anderson. M.D




Video teknik CPR





0 comments:

Posting Komentar