Sabtu, 13 Agustus 2011

Vegetarian dan Tokoh Tokohnya

Dari masa ke masa, banyak kelompok manusia yang mengklaim bahwa makanan vegetarian adalah makanan yang terbaik. dalam penemuan baru baru ini dari satu suku bangsa yang mempunyai kebudayaan zaman batu, yaitu suku Tasaday. Terbuktikan bahwa suku ini adalah suku vegetarian 1. Tahukah kalian bahwa penemuan serupa dilaporkan oleh ahli galian purbakala mengenai bangsa Sumeria dan bangsa Babilonia kuno. Para arkeologis melaporkan bahwa kedua bangsa kuno tersebut menghasilkan 60 macam sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta hidup dari makanan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan keadaan mereka yang sehat dan berumur panjang 2 wow. Tahukah kalian, sejarah Grikapun menunjukan bahwa salah seorang ahli filsafat Grika, yang bernama Phytagoras, telah mempromosikan makanan vegetarian pada abad ke-6 sebelum masehi 3. Tidak hanya phytagoras para ahli filsafat ternama yang juga seperti :

1.Aristotle, ahli filsafat Gerika
2. Hippocrates, bapak segala dokter
3. Plato yang menyetujui hidup vegetarian, dan juga seorang vegetarian
4.Diogenes Promotor vegetarian yang sekaligus juga dokter

Tokoh tokoh dari agama Budha, Brahma, Hindu dan Jainisme juga mengajarkan makanan vegetarian sebagai makanan yang tepat bagi manusia.
Banyak juga tokoh tokoh masyarakat, ilmuwan-ilmuwan, pemimpin-pemimpin agama yang vegetarian mempunyai keyakinan yang penuh bahwa makanan vegetarian adalah makanan terbaik bagi manusia. sebagian dari mereka adalah :

1.Charles Darwin, Tokoh Evolusi
2.2. Leonardo da Vinci, Pelukis dan pemahat terkenal pada abad ke-13
3.Albert Einstein,, yang terkenal dengan teori relativitasnya
4.Benyamin Franklin, tokoh kemerdekaan Amerika Serikat
5.Mahatma Gandhi, tokoh kemerdekaan India

Disamping nama-nama tersebut, masih banyak tokoh-tokoh yang terkenal seperti : Henry Ward Beecher, William Blake, Horace Greeley, John Milton, Nicolo Paganini, ALbert Schweitzer, serta tokoh-tokoh lainnya yang tidak mau makan daging4  . sejak abad ke-19, pergerakan vegetarianisme, makin lama makin berkembang. persatuan-persatuan vegetarianisme telah mulai berdiri pada tahun 1809 di Inggris, dan tahun 1847 di Amerika wow. 


1 Hans Holzer, The Vegetarian Way O\of Life, (New York: Pyramid Books, 1973), hal. 16.
2 Henry E. Sigerist, A History of Medicine, Vol. 1, hal. 402. (New York: Oxford University Press, 1951).
3 Vegetarinism, Encyclopedia Amerikana, 1977
4 Chen, hal.13.

Sumber : Liwijaya-Kuntaraf, Kathleen H, dkk. 1993. Makanan Sehat. Bandung: Indonesia Publishing house

0 comments:

Posting Komentar